Aplikasi 3D Max
Aplikasi 3Dmax merupakan standar
modelling 3D yang dapat membuat objek dimensi tiga tampak lebih realistis.
Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kemampuannya dalam
menggabungkan objek image, vektor, dan tiga dimensi serta langsung dapat
menganimasikan objek tersebut. aplikasi animasi tiga dimensi ini dapat
diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa berdiri sendiri sebagai sebuah
movie. Berikut area kerja dalam aplikasi 3D Max sebagi berikut :
a. Toolbar
Toolbar merupakan salah satu komponen
dari tab-panel yang berisikan fungsi-fungsi standar yang sering dipergunakan
untuk proses pengeditan , transformsi, rendering, dan lain sebagainya.
b. Menu Bar
Menu bar merupakan icon yang berisi
perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang telah dibuat.
Fasilitas standar yang ada disetiap aplikasi windows yaitu menu file, edit,
view, dan help.
c. Tool reactor
Tool reactor berisi tool-tool yang
dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor atau dapt kita
lakukan dengan menekan Crate > Helpers > Reactor.
d. Comman panel
Comand Panel berisi perintah-perintah
yang berkaitan dnegan objek yang telah dibuat.
e. Viewport
Viewport merupakan area atau layar
tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga
dimensi yaitu atas, bawah, kanan, kiri, depan, dan belakang. Berdasarkan sudut
pandang tersebut dalam 3ds max terdapat delapan sudut pandang viewport yaitu
top, bottom, right, front,back, perpective, dan user. Viewport yangsedang aktf
ditunjukan dengan warna kuning yang ada dipinggir viewport tersebut.
f. Main toolbar
Main toolbar dalam 3ds max terdapat tool-toll
yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam manipulasi objek yang telah
dibuat. Ada beberapa main toolbar yang ada dalam aplikasi 3ds max ini.
diantaranya :
-
Undo
berfungsi untuk kembali ke perintah sebelumnya.
-
Redo
berfungsi untuk mengembalikan perintahn undo.
-
Select
and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain
sehingga ada suatu ikatan antara objek tersebut.
-
Unlink
selection berfungsi untuk memutuskan ikatan pada objek tersebut.
-
Bind
to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu
objek dengan efek tertentu .
-
Selection
filter merupakan fasilitas yang dapat diunakan untuk menyaring objek apa yang
akan dipilih.
-
Select
object digunakan untuk memilih atau menyeleksi objek.
-
Select
by name digunakan untuk memilih object berdasarkan nama object tersebut.
-
Select
and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
-
Select
and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang telah dipilih.
-
Select
and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek.
-
Use
center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan
mempengaruhi proses transformasi.
-
Mirror
digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek.
-
Layer
manager digunakan untuk mengatur layer.
-
Curve
editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang telah dibuat.
-
Material
editor merupakan fasilitas untuk memebri material atau teksture pada objek yang
kita buat .
-
Render
scane dialog digunakan untuk merender animasi atau model pada scene yang telah
dipilih.
g.
Time
slider digunakan untuk tujuan animasi. time slider ini digunakan untuk mengatur
posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukan oleh keyframe.
0 komentar:
Posting Komentar