Mengenal Aplikasi Photoshop Beserta Fungsi dan Kegunaannya



Mengenal Aplikasi Photoshop
Beserta Fungsi dan Kegunaannya

 

Ade Irmasari (12 November 2015)
            Photoshop merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk pengeditan foto atau gambar serta pembuatan efek untuk foto atau gambar. Aplikasi photoshop ini banyak digunakan oleh fotografer-fotografer dan perusahan iklan seperti percetakan maupun perusahaan yang menggunakan jasa aplikasi ini, sehingga seringkali aplikasi ini dianggap sebagai ujung tombak dalam perangkt lunak pengolah gamabr/foto yang berkolaborasi dengan aplikais lain seperti Adobe Acrobat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Photoshop ini memiliki beberapa versi diantaranya yaitu Adobe Photoshop CS 2, Adobe Photoshop CS 3, Adobe photoshop CS 4, Adobe photoshop CS 5, Aobe photoshop CS 6, dan very yang terakhir yaitu Adobe Photoshop CS 7.

            Pada umumnya fungsi dari photoshop pada setiap versi itu sama, hanya saja pada versi photoshop yang lebih banyak itu memberikan kemudahan yang lebih kepada pengguna aplikasi photoshop ini. Photoshop ini berfungsi untuk meberikan kemudahan dan nilai lebih pada suatu hasil karya gambar dengan berbagai fitur dan efek yang ada didalamnya. Sedangkan kegunaan dari aplikasi photoshop ini yaitu untuk membuat gambar menjadi lebih menarik dengan adanya pengeditan gambar yang memanfaatkan fungsi-fungsi dari fitur yang ada dalam aplikasi photoshop tersebut. berikut
            Dalam aplikasi photoshop ini terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan untuk untuk membuat gambar menjadi lebih menarik ataupun memberi efek pada gambar diantarnya yaitu :

·         Crop dan Slice Tool
-          Crop
Crop tool digunakan untuk memotong gambar atau foto ataupun lembar kerja. Pemotongan dengan mengunakan crop tool ini dilakukan secara tetap dan permanen dengan mengubah bentuk dimensi lebar dan tingi foto ini. pemotongan ini dilakukan dengan menentukan area potong yang berbentuk kotak pada sebuah foto tersebut.
-          Slice Tool
Slice tool digunakan untuk kebutuhan website. Cara menggunakan fitur ini yaitu dengan cara memotong hasil desain yang telah dibuat di photoshop menjadi potongan yang lebih kecil.
-          Slice Select Tool
Slice select tool digunakan untuk memilih potongan pada sebuah desain yang telah dipotong sebelumnya dngan menggunakan slice tool.

·         Annotation, Measuring dan Navigation Tool
-          Eyedropper Tool
Eyedropper digunakan untuk mengambil sample warna dari sebuah gambar maupun foto. Sample warna ini diambil dengan cara meng-klik warna target yang kemudian secara otomatis akan mengubah warna depan pada toolbox.
-          Ruler Tool
Ruler tool digunakan untuk mengukur dimensi lebar dan tinggi. Fitur ini biasanya digunakan untuk kebutuhan website seperti mengukur dan meperkirakan interfance tinggi dan lebar tombol, header, ataupun area website lainnya. Satuan yang digunakan pada pengerjaan ini yaitu satuan pixels.
-          Note Tool
Note Tool digunakan untuk memberi catatan pada hasil desain yang telah dibuat. Catatan ini berguna sebagai pengingat dalam proses pembuatan desain ataupun dapat berguna sebagai media untuk penyampaian sebuah pesan ketika bekerja secara team.
-          Hand Tool
Hand Tool digunakan untuk menggeser/ memindah bidang pandang foto atau gambar didalam window view area atau dalam kondisi gambar sedang diperbesar (zoom in). hal ini dapat dilakukan dengan cara menekan dan menahan tombol spasi untuk menggunakan alat ini.
-          Zoom Tool
Zoom tool digunakan untuk memperbesar ataupun memperkecil tampilan foto atau gambar. Pengaturan zoom in atau zoom out dapat dilakukan melalui option bar.

·         Selection Tool
-          Move Tool
Move tool digunakan untuk memindahkan posisi layer dalam satu foto ataupun memindahkan sebuah foto ke foto yang lain yang berbeda.
-          Rectangular Marquee Tool
Rectangular marquee tool digunakan digunakan untuk menyeleksi objek yang berbentuk kotak. Cara dalam penggunaan fitur ini yaitu dengan klik kana pada icon ini kemudian akan muncul icon lain dari bagian yang ada dalam marquee tool seperti elliptical marquee tool, sinle row marquee tool dan single coloum marque tool.
-          Eliptical marquee tool
Eliptical marquee tool untuk menyeleksi objek yang berbentuk lingkaran seperti menyeleksi lingkaran mata, ban mobil, dan objek lain. Fitur ini merupakan gabungan dari fitur rectangular marquee tool.
-          Lasso Tool
Lasso tool digunakan untuk meneyleksi objek dengan bentuk bebas. Fitur ini akan menyeleski sesuai dengan gerakan mouse. Penggunaan fitur ini sanagt bergantung pada gerakan mouse , sehingga cukup sulit untuk mengendalikan dan mencapai hasil yang maksimal.
-          Polygonal Lasso Tool
Polygonal Lasso Tool ini digunakan untuk menyeleksi objek dengan bentuk bebas dan bersudut. Fitur ini akan membentuk seleksi melalui titik-titik point yang dibuat dengan menggunakan klik kiri pada mouse. Fitur ini juga digunakan untuk memotongdan mengubah background  foto.
-          Magic Wand Tool
Magic Wand Tool digunakan untuk menyeleksi satu jenis warna pada foto yang akan diedit. Fitur ini dapat menyeleksi dengan pengaturan nilai tolerance atau nilai cakupan warna, dimana semakin besar nilai tersebut maka semakin luas cakupan warna yang diseleksi.

·         Retouching To 
      Spot Healing Brush
Spot Healing Brush  digunakan untuk menghapus noda pada sebuah foto ataupun gambar, alat ini juga biasanya digunakan untuk menghilangkan noda di wajah ataupun menghilangkan jerawat pada wajah.
-          Patch Tool 
Patch Tool digunakan untuk memperbaiki foto dengan cara memanfaatkan pola yang terdapat pada foto tersebut. Perbaikan dilakukan dengan menyeleksi kerusakan area kemudian menarik seleksi tersebut diatas pola target untuk menutupi area kerusakan.
-          Red Eye Tool 
Red Eye Tool digunakan untuk menghilangkan efek mata merah yang timbul pada foto akibat pengambilan foto dalam kondisi gelap menyebabkan flash kamera memantulkan warna merah pembuluh darah dibalik mata.
-          Clone Stamp Tool 
Clone Stamp Tool  digunakan untuk mengambil sample dari sebuah area gambar kemudian mengkloningnya dan menerapkan sample tersebut untuk dilukiskan diatas area foto lain berdasarkan sample foto yang diambil.
-          Pattern Stamp Tool 
Pattern Stamp Tool  digunakan untuk melukis image dengan menggunakan pola tertentu sesuai dengan pola yang dipilih pada option bar.
-          Eraser Tool 
Eraser Tool  digunakan untuk menghapus foto atau gambar dalam sebuah layer raster.
-          Background Eraser Tool 
Background Eraser Tool  digunakan untuk menghapus foto atau gambar sehingga menghasilkan layer transparant pada bagian foto atau pada area yang dihapus.
-          Magic Eraser Tool 
Magic Eraser Tool  digunakan untuk menghapus area tertentu dari sebuah foto atau gambar yang memiliki warna yang serupa (satu warna solid) menjadi transparan dengan satu kali klik pada area warna tersebut. Bisa dimanfaatkan untukmenghapus background satu warna.
-          Blur Tool 
Blur Tool  digunakan untuk menghaluskan/mengaburkan area tertentu dari sebuah foto atau gambar. Dengan mengaburkan gambar akan memberikan kesan halus, blur juga dapat menyamarkan pixels gambar.
-          Sharpen Tool 
Sharpen Tool digunakan untuk menajamkan area tertentu dari sebuah foto atau gambar.
-          Smudge Tool 
Smudge Tool  digunakan untuk menggosok/mencoreng area tertentu dari sebuah foto atau gambar seolah-olah di pengaruhi oleh sapuan jari telunjuk diatas sebuah lukisan.

·         Painting Tool
-          Brush Tool 
Brush Tool digunakan untuk melukis foto atau gambar dengan goresan kuas berdasarkan warna depan (foreground color) yang telah dipilih.
-          History Brush Tool 
History Brush Tool digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari Image.
-          Art History Brush Tool 
Art History Brush Tool  digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari image, dengan model artistik tertentu.
-           Pencil Tool 
Pencil Tool  digunakan untuk melukis dengan efek goresan pensil.
-          Gradient Tool 
Gradient Tool  digunakan untuk mengecat area yang dipilih (selected area) dengan perpaduan dua warna atau lebih. Gradient ini juga memiliki beberapa pengaturan dan tipe untuk menghasilkan efek perpaduan warna yang sesuai dengan keinginan.
-          Paint Bucket Tool
Paint Bucket Tool  digunakan untuk mengecat atau mewarnai area tertentu atau layer tertentu berdasarkan warna depan (foreground color) yang telah dipilih.

·         Drawing and Type Tool
-          Path Selection Tool 
Path Selection Tool  digunakan untuk menyeleksi path yang telah dibuat dengan menggunakan pen tool.
-          Horizontal Type Tool 
Horizontal Type Tool digunakan untuk membuat teks secara horizontal. Selain alat ini ada juga Vertical Type Tool untuk membuat teks secara vertical dan type mask untuk membuat teks dalam bentuk seleksi.
-          Pen Tool 
Pen Tool  digunakan untuk menggambar path sudut ataupun lengkung. Alat ini biasa juga digunakan untuk menyeleksi objek. Selain alat ini ada kumpulan alat lain untuk menambah titik point, mengurangi dan memodifikasi path yang telah dibuat.

Daftar Pustaka :
Lee , Christopher. 2013. Mahir Otodidak Photoshop CS5. Jakarta : Elex Media Komputindo

Ahira, Anne. 2015. “Mengenal Aplikasi Adobe Photoshop.” Diunduh dari http://www.anneahira.com/aplikasi-adobe-photoshop.htm (pada 9 November 2015).
 

Share on Google Plus

About Ade Irmasari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar