Aplikasi 3D Max



Aplikasi 3D Max

            Aplikasi 3Dmax merupakan standar modelling 3D yang dapat membuat objek dimensi tiga tampak lebih realistis. Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kemampuannya dalam menggabungkan objek image, vektor, dan tiga dimensi serta langsung dapat menganimasikan objek tersebut. aplikasi animasi tiga dimensi ini dapat diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa berdiri sendiri sebagai sebuah movie. Berikut area kerja dalam aplikasi 3D Max sebagi berikut :



a.       Toolbar
Toolbar merupakan salah satu komponen dari tab-panel yang berisikan fungsi-fungsi standar yang sering dipergunakan untuk proses pengeditan , transformsi, rendering, dan lain sebagainya.
b.      Menu Bar
Menu bar merupakan icon yang berisi perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang telah dibuat. Fasilitas standar yang ada disetiap aplikasi windows yaitu menu file, edit, view, dan help.
c.       Tool reactor
Tool reactor berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor atau dapt kita lakukan dengan menekan Crate > Helpers > Reactor.
d.      Comman panel
Comand Panel berisi perintah-perintah yang berkaitan dnegan objek yang telah dibuat.
e.       Viewport
Viewport merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi yaitu atas, bawah, kanan, kiri, depan, dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut dalam 3ds max terdapat delapan sudut pandang viewport yaitu top, bottom, right, front,back, perpective, dan user. Viewport yangsedang aktf ditunjukan dengan warna kuning yang ada dipinggir viewport  tersebut.
f.       Main toolbar
 Main toolbar dalam 3ds max terdapat tool-toll yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam manipulasi objek yang telah dibuat. Ada beberapa main toolbar yang ada dalam aplikasi 3ds max ini. diantaranya :

-          Undo berfungsi untuk kembali ke perintah sebelumnya.
-          Redo berfungsi untuk mengembalikan perintahn undo.
-          Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada suatu ikatan antara objek tersebut.
-          Unlink selection berfungsi untuk memutuskan ikatan pada objek tersebut.
-          Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu .
-          Selection filter merupakan fasilitas yang dapat diunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
-          Select object digunakan untuk memilih atau menyeleksi objek.
-          Select by name digunakan untuk memilih object berdasarkan nama object tersebut.
-          Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
-          Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang telah dipilih.
-          Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek.
-          Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
-          Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek.
-          Layer manager digunakan untuk mengatur layer.
-          Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang telah dibuat.
-          Material editor merupakan fasilitas untuk memebri material atau teksture pada objek yang kita buat .
-          Render scane dialog digunakan untuk merender animasi atau model pada scene yang telah dipilih.
g.      Time slider digunakan untuk tujuan animasi. time slider ini digunakan untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukan oleh keyframe.
Share on Google Plus

About Ade Irmasari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar